advertisement

Pilih mana OVO atau DANA atau GOPAY?

GOPAY-OVO-DANA

Apa itu OVO, DANA, atau GOPAY?

OVO, DANA, atau GOPAY merupakan metode pembayaran yang dilakukan via smartphone. Tanpa smartphone kita tidak bisa melakukan pembayaran, jadi smartphone anda jangan sampai tidak anda bawa. Dengan kehadiran e-wallet seperti OVO, DANA, GOPAY dan sejenisnya seakan rules the game dalam transaksi telah berevolusi

OVO

ovo merupakan metode pembayaran kekinian, bisa dikatakan rekening digital. Artinya kita punya rekening tapi ga ada buku tabungan. Ya, semua transaksi yang kita lakukan bisa kita lihat di Smartphone. Pengisian nominal uang bisa dilakukan dengan transfer melalui Bank.

Teknologi memang sangat memudahkan manusia dalam segala aspek kehidupan. Menurut pendapat teman teman apakah saat ini teknologi memiliki dampak buruk yang lebih besar dari manfaatnya?? Menurut pendapat saya tidak. Masih berhubungan dengan Industri 4.0. Mungkin banyak yang bertanya apa itu Industri 4.0?? Tanda yang paling kentara dalam revolusi menuju Industri 4.0 adalah munculnya Internet.

Siapa yang tidak tahu internet, jadi teman-teman harus siap karena kita akan memasuki Dunia Virtual. Tanda selanjutnya setelah internet adalah terciptanya artificial intelligence yang setiap hari kita gunakan. Katakanlah smartphone, robotic dan aplikasi lain yang semakin memudahkan kehidupan manusia, termasuk dalam transaksi jual-beli menggunakan digital money.

Hakekat Transaksi Pada Dasarnya

Pada dasarnya manusia membutuhkan uang untuk melakukan transaksi pembayaran yg dianggap sah antara penjual dan pembeli. Jauh sebelum ditemukannya uang kertas, manusia melakukan pembayaran menggunakan uang koin. Dan jauh sebelumnya manusia bahkan melakukan transaksi jual-beli dengan metode barter atau tukar menukar barang yang menurut pembeli atau penjual nilainya dianggap sama.

Kendala yang dihadapi pada penggunaan uang kertas adalah tidak adanya uang kembalian yang pas, kadang kembalian digantikan dengan barang atau bentuk donasi, atau nabung bahkan utang 😀 (nitip 1000 ya, besok kalo kesini tolong diingetin, iya kalo inget :V). Kendala yang lain adalah menyita waktu. Coba saja bayangkan ketika pembeli banyak namun stok uang receh kurang, pasti penjual repot dan kebingungan mencari kembalian karena bagi penjual “time is money”.

Teknologi pengiriman uang atau pembayaran tanpa memberikan uang fisik secara langsung ke penjual sebenarnya sudah ada sejak lama antara lain adalah menggunakan jasa perbankan, baik menggunakan Kartu Debit maupun Kartu Kredit. Namun teknologi inipun masih kurang praktis, diantaranya harus tahu nomor rekening tujuan, kemudian harus mengetik nomor rekening ke dalam mesin atm, butuh waktu lama.

Baca juga : Cerita Pengalaman Menjadi Driver Grab Car

Jika salah memasukkan ya harus diulang lagi, belum lagi jika beda institusi banknya, ribet harus mencari kode bank nya terlebih dahulu. Intinya adalah masih jauh dari kata praktis, kurang efektif dan terlalu menyita waktu. Belum lagi kalo gaptek… 🙁

Lalu munculah produk alat bayar lainnya, sebut saja e-money, kemudian tapcash atau kartu sejenis yang bisa digunakan tanpa memasukkan pin. Hanya butuh mesin pembaca kartu. Namun, ini masih punya kelemahan, antara lain adalah resiko kehilangan kartu, ribet dalam pengisian saldo dan sulit memonitor sisa saldo dalam kartu.

Dompet Digital Berevolusi

Kecerdasan buatan yang diciptakan manusia memang mengerikan. Coba bayangkan cukup dengan membawa smartphone (tentu yang terhubung dengan internet) kita bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Iya kalian benar, e-wallet dan koloni digital money is coming.

Dengan kehadiran e-wallet seperti OVO, DANA, GOPAY dan sejenisnya seakan rules the game dalam transaksi telah berevolusi. Kita tinggal scan barcode tanpa memasukkan nomor dari pembeli, pembayaran sudah beres. Hanya dalam hitungan detik uang sudah terkirim, saldo terpotong secara precise, bahkan hingga pecahan 1 rupiah. Benar-benar semakin asik, ga perlu banyak uang dalam dompet. Sudah bukan zamannya lagi dompet tebal-tebal yg isinya kartu dan uang biar dilihat kyk org berduit. Sekarang tinggal modal smartphone dan aplikasi semua beres dan jangan lupa saldo e-wallet dan kuota internet harus ada, hahahaa. 😀

Pembayaran melalui Dompet Digital sudah dapat di temukan di mana-mana. Jika melakukan transaksi di Pusat Perbelanjaan seperti Matahari bisa menggunakan OVO, naik grab pakai OVO, Langganan Nonton Bola premiere league bisa pakai GOPAY, beli Item Digital seperti PUBG bisa pakai GOPAY, Nonton film bisa bayar pakai DANA.

Manfaat Dompet Digital

Sekarang kulakan barang diBukalapak bisa pakai DANA, sedangkan kulakan di Tokopedia busa menggunakan pakai OVO. Dan bayar cicilan kartu kredit, tagihan, beli pulsa, beli paket data semua bisa dilakukan dengan OVO, GOPAY, DANA dan Dompet Digital lain yg sama. Bahkan tempo hari ketika saya pergi makan ke angkringan foodcourt UGM bisa bayar menggunakan OVOOVO, atau GOPAY, sungguh pembayaran yg sangat asik dan simple.

Sangat bermanfaat bagi mereka yang cerdas dalam memanfaatkan artificial intelligence (kecerdasan buatan) ini. Manfaatnya banyak, dapat cashback, tanpa biaya bulanan dan sering dapat diskon. Namun, bagi mereka yang tidak memahami bagaimana cara memanfaatkan dan mengamankan digital money ini, justru akan menjadi korbannya. Maka kita perlu hati-hati, karena adapula kelamahan dari sistem pembayaran digital. Bayangkan jika handphone kita hilang, bisa rugi kan kita.

Jadi, pahami sebaik mungkin, dan manfaatkan dengan benar sesuai dengan kebutuhan. Dan jangan heran jika suatu hari kita tidak akan berjumpa dengan uang fisik. Buat “semakin asik tanpa uang fisik”.

Advertisement